Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Hewan Endemik dan Contohnya di Indonesia

Sebelum membahas apa itu hewan endemik kita bahas dulu endemisme. Endemisme dalam ekologi adalah gejala yang dialami oleh organisme untuk menjadi unik pada satu lokasi geografi tertentu, seperti pulau, lungkang (niche), negara, atau zona ekologi tertentu. Untuk dapat dikatakan endemik suatu organisme harus ditemukan hanya di suatu tempat dan tidak ditemukan di tempat lain. Contohnya adalah jalak bali, hanya ditemukan di Taman Nasional Bali Barat di Pulau Bali. Faktor fisik, iklim, dan biologis dapat menyebabkan endemisme. Sebagai misal, babi rusa menjadi endemik karena isolasi geografi yang dialaminya dan tantangan ruang hidupnya di Pulau Sulawesi menyebabkan ia menjadi berbentuk khas.


Hewan Endemik 
Hewan Endemik adalahspesies hewan alami yang mendiami suatu wilayah atau daerah tertentu yang menjadikan wilayah tersebutmempunyai ciri khas karena tidak ditemukan didaerah lain. Suatu hewan dikatakan hewan endemik jika spesies tersebut merupakan spesies asli yang hanya bisa ditemukan di sebuah tempat itu dan tidak ditemukan di wilayah lain.

Wilayah dengan keanekaragaman hayati tinggi tidak berarti merupakan daerah dengan tingkat endemisme tinggi, meskipun kemungkinan untuk dihuni oleh organisme endemik menjadi meningkat.

Beberapa ancaman terhadap wilayah dengan endemisme tinggi adalah penebangan hutan secara berlebihan serta metode pembukaan lahan dengan cara membakar hutan. Dua faktor ini umumnya didapati pada negara-negara dengan populasi yang tinggi, dan bisa diartikan suatu wilayah yang terserang suatu penyakit.

Contoh Hewan Endemik di Indonesia

komodo salah satu hewan endemik Indonesia
Contoh hewan endemik di Indonesia adalah seperti berikut:
Harimau sumatra (Panthera tigris sumatrae), orang utan (Pongo pygmaeus abelli) dan Siamang (Hylobates syndactylus) terdapat di Sumatra Kera belanda (Nasalis larvatus), burung rangkong (Buceros rhinoceros) dan orang utan (Pongo pygmaeus pygmaeus), bekantan (Nasalis larvatus)  terdapat di Kalimantan Macan tutul jawa (Panthera pardus), banteng (Bos javanicus) dan badak bercula satu (Rhinoceros sondaicus) terdapat di Jawa Komodo (Varanus komodoensis) terdapat di Nusa Tenggara/Pulau Komodo Babirusa (Babyrousa babyrussa), anoa (Bubalus depressicornis) dan burung maleo (Macrocephalon maleo), binturong terdapat di Sulawesi Burung cendrawasih (Paradisaea minor) dan buaya irian (Crocodylus porosus), walabi (Makropus agilis), kadal berjumbai (Chlamydosaurus kingii), dan kanguru pohon (Dendrolagus inustus) terdapat di Papua Jalak bali putih (Leucopsar rothschildi) di Bali 

Demikian artikel Pengertian Hewan Endemik dan Contohnya di Indonesia semoga bisa bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Pengertian Hewan Endemik dan Contohnya di Indonesia"