Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penangan Yang Harus Dilakukan Setelah Digigit Anjing

Anjing adalah mamalia yang telah mengalami domestikasi dari serigala sejak 15.000 tahun yang lalu atau mungkin sudah sejak 100.000 tahun yang lalu berdasarkan bukti genetik berupa penemuan fosil dan tes DNA. Penelitian lain mengungkap sejarah domestikasi anjing yang belum begitu lama.

Penangan Yang Harus Dilakukan Setelah Digigit Anjing

Anjing telah berkembang menjadi ratusan ras dengan berbagai macam variasi. Warna rambut anjing bisa beraneka ragam, mulai dari putih sampai hitam, juga merah, abu-abu (sering disebut "biru"), dan coklat. Selain itu, anjing memiliki berbagai jenis rambut. Rambut anjing bisa lurus atau keriting, dan bertekstur kasar hingga lembut seperti benang wol.

walalupun bersahabat dan banyak gunanya tetapi, Anjing tetap salah satu pemburu dan predator yang berbahaya yang sewaktu-waktu bisa menyerang manusia terutama dengan gigitannya. Nah Apabila kita atau teman kita sewaktu-waktu digigit anjing ada beberapa penanganan yang dapat dilakukan agar efek gigitannya tidak fatal dan menyebarkan penyakit seperti rabies. Berikut penanganannya!


JIka Agan atau orang yang agan kenal tanpa sengaja digigit oleh anjing, 
segeralah lakukan pertolongan pertama ini!

1. Bersihkan luka sehabis digigit 
Bilas dengan air hangat selama beberapa menit dengan kain bersih atau bola kapas
Bila luka digigit anjing belum berdarah, pegang luka dengan lembut agar mengeluarkan darah 
ini berfungsi untuk mencegah bakteri masuk ke luka 

2. Berikan obat pereda rasa sakit 
Untuk mengurangi sakit dan pembengkakan berikan obat pereda rasa sakit seperti parasetamol atau ibuprofen

3. Oleskan salep antibiotik 
Oleskan salep antibiotik pada luka, keringkan sebentar lalu bungkus dengan perban atau kain kasa yang bersih 

4. Minta bantuan medis 
Meski agan sudah berhasil memberikan pertolongan pertama namun jangan lupa untuk tetap meminta bantuan medis ya. Ini untuk mencegah timbulnya infeksi setelah tergigit anjing. 

Saran saya, waspadalah ketika berhadapan dengan anjing, terutama bila dari mukanya si anjing udah menunjukkan tanda-tanda kalau dia gak mau diganggu oleh kehadiran kita. 

Selain itu jika agan merasa seekor anjing hendak menggigit agan sebaiknya jangan langsung lari Gan. Tetaplah tenang. Cobalah untuk mendapatkan sesuatu seperti batu antara agan dan anjing. Posisikan juga tubuh agan berdiri tegak dengan kedua kaki dan lindungi muka dengan tangan sambil membuat tinju yang mengarah pada anjing tersebut. Jangan juga langsung menatap mata anjing karena ini bisa dijadikan tanda bahwa agan akan menyerang. Arahkan tatapan ke bawah atau ke sisi lain anjing. Biasanya dengan berdiri diam, anjing akan kehilangan minat untuk menggigit dan agan bisa mundur secara perlahan. 
Sumber : disini

Posting Komentar untuk "Penangan Yang Harus Dilakukan Setelah Digigit Anjing"