Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan Mengapa Gajah Tidak Bisa Melompat

Hallo agan...Gajah adalah mamalia besar dari familia Elephantidae dan ordo Proboscidea. Secara tradisional, terdapat dua spesies yang diakui, yaitu gajah afrika (Loxodonta africana) dan gajah asia (Elephas maximus), walaupun beberapa bukti menunjukkan bahwa gajah semak afrika dan gajah hutan afrika merupakan spesies yang berbeda

Gajah tersebar di seluruh Afrika sub-Sahara, Asia Selatan, dan Asia Tenggara. Elephantidae adalah satu-satunya familia dari ordo Proboscidea yang masih lain; familia lain yang kini sudah punah termasuk mammoth dan mastodon. Gajah afrika jantan merupakan hewan darat terbesar dengan tinggi yang dapat mencapai 4 m (13 ft) dan massa yang kurang lebih 7,000 kg (15,000 lb)
.

Gajah memiliki ciri-ciri khusus, dengan yang paling mencolok adalah belalai atau proboscis yang digunakan untuk banyak hal, terutama untuk bernapas, menghisap air, dan mengambil benda. Gigi serinya tumbuh menjadi taring yang dapat digunakan sebagai senjata dan alat untuk memindahkan benda atau menggali. Daun telinganya yang besar membantu mengatur suhu tubuh mereka


Mengapa Gajah Tak Bisa Melompat?

1. Badan gajah terlalu besar

Alasan yang paling mudah diterima adalah karena badan si gajah yang terlalu berat. Bayangkan saja, berapa besar tenaga yang diperlukan untuk melemparkan beban seberat empat ton ke udara? Kemudian, bagaimana proses pendaratan yang mungkin terjadi? Sangat sulit dibayangkan.


2. Gajah Tak Perlu Melompat

Alasan berikutnya mengapa gajah tak bisa melompat adalah, karena memang mereka tak perlu melompat. Dengan kata lain, tidak ada hal yang mengharuskan gajah melompat!

Ambil saja contoh seperti kanguru, katak, dan binatang lain mereka melompat untuk menghindari predator dan mencari makan. Sedangkan gajah, mereka tak punya banyak musuh. Terlebih gajah melindungi diri dengan cara selalu berkelompok dan dengan mengandalkan fisik mereka yang sangat kuat

3. Otot di Kaki Gajah Tidak Didesain Untuk Melompat

Untuk melompat, kaki harus memiliki otot yang didesain khusus dan sendi yang lentur. Sedangkan otot di kaki gajah didesain untuk menahan beban yang sangat berat, bukan untuk melompat.

Persendian di kaki gajah juga tak lentur seperti sendi-sendi di kaki kita. Itulah mengapa walaupun sangat kuat, gajah bergerak dengan relatif lamban. Dia “hanya” bisa berlari dengan kecepatan maksimal 24 Km per jam!


4. Memiliki Bobot Yang Sangat Berat Sejak Lahir

Gajah yang baru rata-rata memiliki berat sekitar 120 kg dan apabila sudah tumbuh dewasa, berat badannya bisa mencapai 5.400 kg. Selain itu mereka memiliki otot kaki yang relatif lemah dan pergelangan kaki yang tidak fleksibel. Serta Struktur pada telapak dan pergelangan kakinya yang tidak memiliki kelenturan sehingga tidak memadai untuk melakukan lompatan seperti mamalia pada umumnya. Lihat aja besar tubuh singa jantan yang sudah mau dewasa hampir sebesar anak gajah.


Disamping itu semua. Gajah memiliki kelebihan yang jarang dimiliki oleh hewan lain. Mereka memiliki penciuman yang sangat baik, jarang menderita kanker, dan memiliki kehidupan sosial yang kompleks selain itu hawa perasa yang ada di bantalan telapak gagi gajah mampu mendeteksi adanya hewan lain yang ada di sekitarnya, kira-kira bisa sampai berpuluh-puluh kilometer. Nah hal ini lah yang membuat gajah akan terus bisa kembali ke tempat asalnya walau bentuk lingkungannya sudah berubah.

Demikian artikel tentang Alasan Mengapa Gajah Tidak Bisa Melompat semoga bisa bermanfaat bagi agan sekalian.


Sumber: wikipedia dan kaskus

Posting Komentar untuk "Alasan Mengapa Gajah Tidak Bisa Melompat"